Minggu, 03 April 2011

Mitos 'Tokoh Utama' Imlek


Festival Musim Semi, atau pergantian tahun baru China 2561 sudah berlangsung. Ada cerita mitos di balik perayaan tahun baru hari pertama bulan pertama penanggalan Tionghoa ini.

Perayaan tahun baru China ini akan berakhir dengan perayaan Cap Go Meh di tanggal ke 15 atau pada saat bulan purnama. 'Tokoh' utama mitos di balik Imlek adalah Nian.

Diceritakan, Nian merupakan binatang buas, monster, makhluk jahat, apapun itu sebutannya. Makhluk yang memiliki kepala panjang dengan tanduk yang tajam itu berasal dari laut.

Binatang buas raksasa ini mampu melahap satu kampung manusia hanya dengan satu gigitan. Betapa takutnya masyarakat pada saat itu.

Pada satu hari Nian hendak berburu ke kampung. Tetapi tiba-tiba, ada satu kebun buluh milik warga yang berdekatan kampung orang-orang cina terbakar.

Buluh-buluh yang terbakar itu meletup dan mengeluarkan bunyi yang sangat kuat seperti mercon atau petasan. Ternyata, makhluk buas raksasa itu ternyata takut akan bunyi-bunyian keras dari kebakaran tadi.

Warga pun berkesimpulan, Nian takut dengan bunyi-bunyian keras. Maka itu, itu untuk mencegah dia datang, mereka memukul beduk, gong dan membakar bambu yang akan menimbulkan suara ledakan.

Kegiatan itu ampuh menakutkan Nian lalu dan tidak berani untuk pergi berdekatan dengan kampung. Para leluhur dan orang-orang tua juga telah berpesan agar orang-orang kampung menggantungkan kertas berwarna merah.

Gantungan keras merah di di pintu-pintu dan tingkap-tingkap menjelang tahun baru itu untuk mengantisipasi Nian yang mengganas. Warna merah sangat ditakuti oleh Nian, dan mampu menghalau sang raksasa.

Maka itu tidak aneh bila perayaan Imlek diramaikan dengan berbagai macam keramaian yang menyuguhkan atraksi barongsai berbentuk makhluk ganas lengkap dengan kembang api, petasan, dan keramaian lainnya.

Perayaan ini juga berkaitan dengan pesta para petani untuk menyambut musim semi. "Gong Xi Fa Cai - Wan Shi Ru Yi - Shen Ti Jian Kang" atau semoga sukses selama-lamanya dan selalu dalam keadaan sehat.

Tidak ada komentar: